Ketentuan Umum

1.      PT Duha Madani Syariah ("DUHA SYARIAH") adalah Perusahaan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dengan prinsip Syariah dan merupakan bagian dari PT Duha Madani Syariah.

2.      DUHA SYARIAH tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia serta ketentuan syariah dalam setiap aktivitas operasionalnya, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi ("POJK 10") dan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia Nomor 117/DSN-MUI/II/2018 (“Fatwa 117”).

3.      Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dengan prinsip Syariah ("Layanan") adalah layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi dana dengan penerima dana dalam rangka penyediaan fasilitas pembiayaan sesuai prinsip syariah dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

4.      Layanan ini disediakan DUHA SYARIAH sesuai dengan kebijakan, aturan serta prosedur internal yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya.

5.      Layanan ini disediakan dan diberikan DUHA SYARIAH melalui Platform DUHA SYARIAH.

6.      Kebijakan Privasi ini mengikat, dan dengan terus menggunakan situs ini, Pengguna Platform DUHA SYARIAH mengakui bahwa mereka telah membaca, memahami, dan menyetujui setiap dan semua konten dari Kebijakan Privasi, Kebijakan Cookie, dan Ketentuan Penggunaan ini.

7.      Platform DUHA SYARIAH adalah (a) situs yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh DUHA SYARIAH yang saat ini dapat di akses pada URL duhasyariah.id berikut situs perubahannya dari waktu ke waktu (“Situs”); dan/atau (b) aplikasi seluler dari duhasyariah.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh DUHA SYARIAH, termasuk iOS dan Android berikut perubahannya dari waktu ke waktu (“Aplikasi”).

8.      Tim Layanan Konsumen adalah tim internal DUHA SYARIAH yang bertugas melayani para Pengguna sehubungan dengan pengelolaan dan perlindungan Data Pribadi Pengguna.



Ketentuan Khusus

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari Kebijakan Pengguna Platform DUHA SYARIAH (“Kebijakan Pengguna”). Penggunaan setiap fitur dan/atau layanan yang tersedia dalam Platform DUHA SYARIAH merupakan bentuk persetujuan secara tegas dari Pengguna terhadap Kebijakan Pengguna dan Kebijakan Privasi ini. Oleh karena itu, mohon Pengguna membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Pengguna memahami sepenuhnya sebelum mendaftar, mengakses dan/atau menggunakan Platform DUHA SYARIAH. Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh Pengguna. Pengguna juga menyatakan dan menjamin bahwa Data Pribadi yang Pengguna berikan kepada DUHA SYARIAH adalah benar, lengkap, diperoleh secara sah dan Pengguna memiliki hak sepenuhnya untuk memberikannya kepada DUHA SYARIAH.
  1. DUHA SYARIAH selaku pemilik dan pengelola Platform DUHA SYARIAH berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Perlu dicatat bahwa Data Pribadi disini tidak berlaku untuk Data Pribadi yang:
    1. suatu pihak dapat membuktikan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari pihak yang mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari pihak yang mengungkapkan;
    2. Data Pribadi tersebut telah diketahui publik tanpa melanggar hukum yang berlaku;
    3. Telah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena pelanggaran oleh pihak yang menerima atau perwakilannya;
    4. Data Pribadi diperoleh secara sah oleh pihak lain tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
    5. Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut hukum yang berlaku; dan/atau
    6. Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan Data Pribadi yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.
    DUHA SYARIAH berhak memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Platform DUHA SYARIAH, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya DUHA SYARIAH, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan DUHA SYARIAH, maupun diakses DUHA SYARIAH atau diajukan oleh Pengguna melalui atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang DUHA SYARIAH atau Pengguna gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan Layanan DUHA SYARIAH atau Platform DUHA SYARIAH.
  2. Ruang Lingkup atau cakupan definisi Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen pengunjung, Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan, direktur, pegawai atau kuasanya, kuasa atau wali, pemilik, pemberi dana utama, partner, penyedia jasa bagi Pengguna, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan pihak-pihak lain yang terkait), pola atau kebiasaan Pengguna dalam mengakses Platform DUHA SYARIAH, profil risiko, portfolio pemberian pembiayaan, sejarah pencarian atau penggunaan layanan serta sejarah transaksi yang Pengguna lakukan di Platform DUHA SYARIAH, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan penggunaan Platform DUHA SYARIAH oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi yang:
    1. dipersyaratkan atau diperoleh DUHA SYARIAH dari Pengguna atau diserahkan, diungkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform DUHA SYARIAH atau sumber daya DUHA SYARIAH sehubungan dengan penggunaan dan penyediaan setiap dan seluruh fitur dan produk di Platform DUHA SYARIAH kepada Pengguna;
    2. diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari Pengguna, antara lain untuk tujuan verifikasi, penilaian kelayakan kredit dan pencegahan penipuan, penyediaan layanan pemasaran dan pembayaran, dan pihak ketiga lainnya (lihat Poin 2.c di bawah ini untuk uraian lebih lanjut berkaitan dengan pengungkapan kepada pihak ketiga);
    3. dikumpulkan oleh DUHA SYARIAH ketika Pengguna berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh DUHA SYARIAH, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Pengguna;
    4. diperoleh atau diakses secara sah oleh DUHA SYARIAH berdasarkan kebijakan dan prosedur internal DUHA SYARIAH terkait Layanan DUHA SYARIAH selama Pengguna masih terikat pada Kebijakan Privasi ini; dan/atau
    5. wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Pengguna secara sukarela berdasarkan ketentuan dalam Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman atau secara sukarela dari waktu ke waktu Ketika Pengguna menggunakan Platform DUHA SYARIAH.
Duha syariah hanya mengakses Kamera dan Lokasi di aplikasi mobile pengguna sesuai POJK 10-2022.
  1. DUHA SYARIAH dapat menggunakan sebagian atau keseluruhan Data Pribadi Pengguna (yang Kami peroleh, kumpulkan dan/atau diberikan kepada DUHA SYARIAH berdasarkan Kebijakan Privasi ini) untuk tujuan atau terkait dengan hal-hal sebagai berikut:
    1. Mengelola akurasi informasi yang Pengguna berikan.
    2. Mengelola pendaftaran Pengguna, dan untuk mengelola, melakukan verifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun Pengguna.
    3. Menawarkan dan menyediakan kepada Pengguna fitur-fitur atau layanan-layanan DUHA SYARIAH melalui Platform DUHA SYARIAH.
    4. Melakukan penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) jika Pengguna adalah Penerima Pembiayaan atau calon penerima dana, maka DUHA SYARIAH akan melakukan verifikasi dan/atau validasi terhadap identitas dan latar belakang Pengguna, penilaian kelayakan kredit dan jumlah pinjaman yang dapat Kami berikan kepada Pengguna serta menyelesaikan permohonan Pengguna sehubungan dengan permohonan atau aplikasi perolehan pembiayaan; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai pemberi dana; dan/atau (iii) profil Pengguna, untuk tujuan pengembangan kebijakan, model dan struktur pengelolaan resiko yang digunakan oleh DUHA SYARIAH.
    5. Pemenuhan hak dan kewajiban DUHA SYARIAH berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, Perjanjian Keanggotaan, Perjanjian Pemberian Kuasa dan/atau Perjanjian Pembiayaan Syariah.
    6. Pelaksanaan, pengelolaan, dan pengawasan terhadap perjanjian-perjanjian yang Pengguna telah tandatangani melalui Platform DUHA SYARIAH, antara lain, Perjanjian Keanggotaan, Perjanjian Pemberian Kuasa dan/atau Perjanjian Pembiayaan.
    7. Pelaksanaan, pemeliharaan, dan penyediaan kegiatan operasional DUHA SYARIAH dari waktu ke waktu.
    8. Survei, riset, evaluasi, penelitian pasar, pengembangan dan/atau peningkatan produk, promosi, pembaharuan terhadap fitur, kegunaan, produk dan/atau layanan yang disediakan oleh DUHA SYARIAH dan pihak terkait yang berkepentingan yang dapat ditunjuk oleh DUHA SYARIAH.
    9. Memeriksa, menanggapi, mengatasi dan melakukan pengawasan atau pemantauan terhadap pertanyaan, permasalahan, komentar atau keluhan yang disampaikan Pengguna kepada Tim Layanan Konsumen.
    10. Berkomunikasi dengan Pengguna sehubungan dengan Platform DUHA SYARIAH melalui berbagai media seperti notifikasi dalam Aplikasi, surat elektronik, telepon, layanan pesan singkat (SMS), layanan percakapan (chatting) pesan singkat dalam Aplikasi (in-app messaging/ push notifications), maupun media sosial.
    11. Memahami, mempelajari dan menganalisa data, pola penggunaan atau perilaku pengunjung dan Pengguna berkaitan dengan kebutuhan dan preferensi penyediaan Plaftorm DUHA SYARIAH.
    12. Penegakan hukum dan kepatuhan DUHA SYARIAH terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, penyelidikan, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan menurut peraturan perundang-undangan serta termasuk bertukar informasi dengan perusahaan dan organisasi lain untuk tujuan perlindungan terhadap penipuan dan/atau perlindungan terhadap tindak kejahatan).
    13. Proses administrasi internal seperti audit dan perpajakan.
    14. Setiap tujuan lain yang Kami beritahukan kepada Anda pada saat mendapatkan persetujuan Anda.
    (Secara bersama-sama, tujuan-tujuan di atas merupakan “Tujuan”).
Untuk mencapai Tujuan di atas dan dengan tetap memperhatikan tanggung jawab terhadap pengamanan yang patut sehubungan dengan keamanan, kerahasiaan, perlindungan Data Pribadi Pengguna, DUHA SYARIAH dapat menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Pengguna yang diatur pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, atau mengungkapkan kepada pihak ketiga dalam hal-hal sebagai berikut:
  1. DUHA SYARIAH dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna yang relevan dan secara wajar dibutuhkan kepada perusahaan atau mitra usaha DUHA SYARIAH yang membantu DUHA SYARIAH dalam melakukan kegiatan penyediaan Platform DUHA SYARIAH termasuk kegiatan sehubungan dengan pengolahan informasi, pusat data, jasa perbankan, penagihan, pengiriman dana, dompet elektronik, uang elektronik, administrasi, surat menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan, visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, teknologi informasi, komputer, mitra pembayaran, mitra pengumpulan dan penagihan hutang, atau keamanan atau jasa lainnya yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna.
  2. DUHA SYARIAH dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna yang relevan dan secara wajar dibutuhkan kepada perusahaan atau pihak ketiga untuk melakukan sesuatu untuk dan atas nama DUHA SYARIAH, termasuk perusahaan atau lembaga yang menyediakan jasa Know Your Customers (KYC) atau Customer Due Diligence (CDD), biro penilai kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan, atau perusahaan penyedia jasa lainnya untuk tujuan penilaian kelayanan kredit, yang hanya akan menggunakan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
  3. DUHA SYARIAH dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna yang berkaitan dengan pihak penerima dana sebagai bagian dari Layanan. Informasi tersebut dapat diungkapkan kepada pihak pemberi dana yang terdaftar dalam Platform DUHA SYARIAH dan dapat digunakan oleh mereka dalam penentuan pemberian pinjaman kepada pihak penerima dana.
  4. DUHA SYARIAH dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada pihak atau perusahaan terafiliasi, anak perusahaan, dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari DUHA SYARIAH yang membantu DUHA SYARIAH dalam melakukan kegiatan penyediaan Platform DUHA SYARIAH, konsultan profesional, internal, external auditor dan mitra penyedia layanan sejenis berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna.
  5. Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah dan Lembaga penegak hukum lainnya baik atas inisiatif DUHA SYARIAH atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau lembaga penegak hukum.
  6. Setiap pihak atau calon penerima pengalihan dari DUHA SYARIAH atau pemindahan dari DUHA SYARIAH dalam hubungannya dengan penerima dana, atau seluruh maupun sebagian aset atau bisnis DUHA SYARIAH sehubungan dengan tindakan korporasi berupa penggabungan, akuisisi, pembiayaan utang, penjualan kekayaan, atau transaksi serupa.
  7. Pihak-pihak yang memberikan atau mengajukan untuk memberikan jaminan atau jaminan pihak ketiga untuk menjamin atau menjaga kewajiban Penerima Pembiayaan.
DUHA SYARIAH hanya menyimpan Data Pribadi untuk jangka waktu terbatas selama DUHA SYARIAH membutuhkannya untuk memenuhi tujuan pengumpulan, kecuali diwajibkan oleh hukum. Penyimpanan Data Pribadi oleh DUHA SYARIAH adalah selama paling singkat 5 (lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. DUHA SYARIAH akan melakukan penyimpanan ini sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem DUHA SYARIAH atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan DUHA SYARIAH ("Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi") dengan tetap mengutamakan kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna serta kepatuhan terhadap Kebijakan Privasi ini.
DUHA SYARIAH berhak untuk menyampaikan penawaran dan/atau informasi produk dan jasa dari DUHA SYARIAH maupun anak usaha, melalui sarana elektronik dan/atau sarana tertulis yang memadai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku baik melalui Aplikasi, sarana komunikasi pribadi Pengguna atau Situs sebagai bentuk kebutuhan promosi maupun peningkatan layanan.
  1. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada DUHA SYARIAH adalah benar dan akurat.
  2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait, dalam hal Pengguna mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan DUHA SYARIAH dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk perolehan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan pengungkapan Data Pribadi mereka oleh DUHA SYARIAH, sehingga DUHA SYARIAH dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan mengungkapkan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 2 Kebijakan Privasi ini.
  1. DUHA SYARIAH berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Pengguna kepada siapapun. Namun DUHA SYARIAH tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diDUHA SYARIAH Pengguna dalam wujud apapun termasuk resiko kerugian yang diakibatkan atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan DUHA SYARIAH maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait DUHA SYARIAH lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:
    1. DUHA SYARIAH tidak akan memberi ganti rugi, merespon dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifikasi, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna DUHA SYARIAH, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian DUHA SYARIAH berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
    2. DUHA SYARIAH tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh DUHA SYARIAH sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan
    3. DUHA SYARIAH tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Pengguna tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari DUHA SYARIAH maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait DUHA SYARIAH dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan atau peristiwa apa pun yang berada di luar kendali wajar DUHA SYARIAH termasuk tetapi tidak terbatas pada peretasan komputer, akses tidak sah ke data komputer dan perangkat penyimpanan, komputer crash, pelanggaran keamanan dan enkripsi, buruknya kualitas layanan Internet atau layanan telepon dari Anda, dan lain-lain. Namun demikian, DUHA SYARIAH tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Pengguna perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika DUHA SYARIAH mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.
Jika Pengguna bermaksud untuk mengakses informasi mengenai Data Pribadi Pengguna yang terdaftar dalam Platform DUHA SYARIAH, Pengguna dapat menghubungi Tim Layanan Konsumen. Kami akan segera menangani permintaan Pengguna hingga batas yang wajar setelah kami memverifikasi identitas Pengguna dengan tepat dan sesuai dengan mekanisme sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini.
  1. Untuk memastikan akurasi, keterbaruan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan sewaktu-waktu kepada DUHA SYARIAH untuk tujuan perubahan, penambahan, pembaruan dan/atau penghapusan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau diberikan kepada DUHA SYARIAH.
  2. Penghapusan Data Pribadi oleh DUHA SYARIAH akan dilakukan dalam hal Pengguna melakukan penarikan persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi yang dimilikinya dan/atau dalam hal Pengguna meminta DUHA SYARIAH untuk menghapus Data Pribadi terkait, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang - undangan yang berlaku apabila DUHA SYARIAH diharuskan untuk menyimpan Data Pribadi Tertentu untuk tujuan hukum.
  3. Pengguna setuju bahwa penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi dapat mempengaruhi akses terhadap Platform DUHA SYARIAH dan/atau Layanan yang dapat Pengguna pergunakan atau dapat mengakibatkan DUHA SYARIAH tidak dapat memberikan Layanan kepada Pengguna. Harap perhatikan juga bahwa menghapus aplikasi mobile tidak akan mengakibatkan penghentian penggunaan Platform DUHA SYARIAH dan/atau Layanan oleh Pengguna atau pemanfaatan Data Pribadi Pengguna. Selain itu, harap perhatikan juga bahwa meskipun terdapat penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi akan terekam dalam basis data kami, DUHA SYARIAH dapat menyimpan semua informasi yang Pengguna berikan untuk pengarsipan, pencegahan penipuan dan penyalahgunaan, analitik, pemenuhan kewajiban hukum, atau Tujuan lain DUHA SYARIAH yakin bahwa DUHA SYARIAH memiliki alasan yang sah untuk melakukannya.
  4. Perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi sebagaimana dimaksud huruf (a) dan (b) di bawah akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur internal DUHA SYARIAH yang tahapannya adalah sebagai berikut:
    1. Permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi oleh Pengguna wajib disampaikan melalui telepon, dan surat elektronik (e-mail) kepada DUHA SYARIAH melalui Tim Layanan Konsumen;
    2. Tim Layanan Konsumen melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan;
    3. Tim Layanan Konsumen memberikan informasi kepada Pengguna atas disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya verifikasi;
    4. DUHA SYARIAH melakukan perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan Data Pribadi yang diminta dalam jangka waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Tim Layanan Konsumen menyampaikan kepada Pengguna bahwa permohonan untuk perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan telah disetujui; dan
    5. Tim Layanan Konsumen akan menyampaikan kepada Pengguna terkait perubahan, penambahan, pembaharuan, atau penghapusan Data Pribadi yang telah dilakukan.
  5. Kami sangat berhati-hati dalam melindungi privasi dari pemilik data yang berusia dibawah 18 (delapan belas) tahun. Dalam hal Data Pribadi yang diberikan kepada DUHA SYARIAH merupakan Data Pribadi milik anak di bawah umur (yaitu berusia dibawah 18 tahun), maka orang tua atau wali anak tersebut dapat meminta penghapusan Data Pribadi yang dimaksud dengan mengirimkan permohonan kepada DUHA SYARIAH dengan mengikuti tata cara sebagaimana disebutkan sebelumnya.
DUHA SYARIAH dapat melakukan peninjauan, perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi pada halaman ini dari waktu ke waktu. Apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan terlebih dahulu atau setelah melalui notifikasi, email dan/atau melalui cara lainnya kepada Pengguna. Akses dan/atau penggunaan Platform DUHA SYARIAH secara terus-menerus serta tidak adanya pemberitahuan secara tertulis oleh Pengguna kepada Kami mengenai keberatan Pengguna atas perubahan atau pembaharuan yang dibuat merupakan bentuk penerimaan dan persetujuan Pengguna atas perubahan atau pembaharuan Kebijakan Privasi ini.

Pengguna disarankan untuk membaca dengan cermat, teliti, dan seksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan atau pembaharuan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini. Pengguna bertanggung jawab untuk senantiasa memahami perubahan atau pembaharuan yang Kami buat dari waktu ke waktu. Kebijakan Privasi mulai berlaku sejak tanggal perubahan atau pembaharuan tersebut.

Kebijakan Privasi ini terakhir diubah atau diperbaharui pada tanggal 14 Agustus 2022