Assalamualaikum,
Sebelum Anda menggunakan platform Duha Syariah ini, pastikan Anda telah membaca dengan baik seluruh Syarat dan Ketentuan ini serta memahami seluruh isinya. Jika Anda tidak memahaminya, silahkan menghubungi kami melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-50420085. Syarat dan Ketentuan ini berisikan aturan, pedoman, tata cara, dan persyaratan yang berkaitan dengan layanan pembiayaan yang diberikan oleh platform ini.
1. Definisi
a. Penyelenggara
adalah PT Duha Madani Syariah yang mempertemukan atau menghubungkan
antara Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan berdasarkan prinsip
Syariah melalui sistem elektronik (platform).
b. Platform adalah Duha Syariah.
c. Pengguna adalah setiap pihak yang mengakses dan
menggunakan layanan platform.
Dalam hal ini adalah Pemberi Pembiayaan dan Penerima Pembiayaan.
d. Data pribadi adalah data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat,
dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya
e. Pembiayaan
adalah penyediaan dana untuk kegiatan pengadaan barang atau jasa berdasarkan
kesepakatan bersama.
f. Waad adalah pemberian
janji pembiayaan dari Duha Syariah kepada Penerima Pembiayaan berupa plafon pembiayaan setelah pengajuan pembiayaan
disetujui.
g. Akad Ijarah adalah akad pemindahan hak guna
atau manfaat atas suatu barang atau jasa dengan membayarkan sewa atau jasa pemakaian.
h. Akad Murabahah adalah jual beli atas suatu barang atau jasa dengan tingkat margin yang
telah disetujui sebelumnya antara penjual dan pembeli.
i. Akad
Qardh adalah kesepakatan antara Duha Syariah sebagai Wakil dari Pemberi
Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan dimana Duha memberikan dana talangan
(uang tunai) kepada Penerima Pembiayaan dengan pembayaran secara angsuran atau
sekaligus dalam jangka waktu yang telah disepakati
j. Akad Wakalah Bil Ujroh adalah kerja sama pemberian kuasa untuk menyalurkan langsung dana dari Pemberi Pembiayaan kepada Penerima Pembiayaan melalui platform Duha Syariah.
2. Persetujuan
Dengan menggunakan platform ini maka Pengguna menyatakan telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta bersedia untuk mengikat diri pada perjanjian/akad atau kesepakatan bersama lainnya.
3. Layanan Pembiayaan Duha Syariah
Platform Duha Syariah menyediakan (1) layanan pembiayaan kepada perseorangan dan institusi yang membutuhkan pembiayaan untuk kebutuhan pembelian barang, perjalanan umroh, wisata halal, pendidikan, jasa lainnya, pembiayaan modal kerja bagi pelaku usaha, dan (2) layanan pendanaan bagi perseorangan dan institusi untuk mendanai pembiayaan yang dipilihnya. Dalam pelaksanaan pembiayaannya, Penyelenggara bekerja sama dengan marketplace/e-commerce/supplier/komunitas/ekosistem/mitra yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Produk pembiayaan dan jangka waktu:
- Multiguna (Pembelian barang): 3, 6, 9, 12 bulan
- Umroh, Wisata halal, Pendidikan, Jasa lainnya: 3, 6, 9, 12, 18, 24 bulan
- Modal Kerja Bagi Pelaku Usaha (Invoice Financing, Pengadaan Stock Barang): Maksimum 6 bulan
Plafon pembiayaan:
- Multiguna (Pembelian barang): Maksimum Rp 20.000.000,-
- Umroh, Wisata Halal, Pendidikani, Jasa lainnya: Maksimum Rp 30.000.000,-
- Modal Kerja Bagi Pelaku Usaha (Invoice Financing, Pengadaan Stock Barang): Maksimum Rp 2.000.000.000,-
Margin/Ujroh (Fee):
- Multiguna (Pembelian barang): Maksimum setara 30% per tahun
- Umroh, Wisata Halal, Pendidikan, Jasa lainnya: Maksimum setara 30% per tahun
- Modal Kerja Bagi Pelaku Usaha (Invoice Financing, Pengadaan Stock Barang): Maksimum setara 30% per tahun
4. Persyaratan Umum dan Data Pribadi Pengguna:
- Untuk Badan Usaha memberikan dokumen legalitas usaha, laporan keuangan (minimal satu tahun terakhir sudah profit), mutasi rekening koran tiga bulan terakhir, dan memiliki tempat usaha yang tetap.
5. Data Pribadi Pengguna
Pengguna menyetujui dan
memberikan otorisasi kepada Penyelenggara sepanjang diizinkan oleh hukum di
Indonesia untuk menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk kepentingan:
a. Penyelenggaraan layanan pembiayaan melalui platform
Penyelenggara.
b. Peningkatan layanan kepada Pengguna.
c. Melakukan pertukaran Data Pribadi untuk
keperluan mitigasi risiko antara lain dengan: Otoritas Jasa Keuangan; penyelenggara
layanan tanda tangan dokumen akad secara elektronik yaitu PT Privy Identitas
Digital (Privy.id); Pusat Data Fintech Lending dibawah naungan Asosiasi Fintech
Pendanaan Bersama Indonesia; lembaga pemeringkat kredit PT Pefindo Biro Kredit; dan asuransi/penjaminan.
d. Melakukan verifikasi status pekerjaan ke
perusahaan pemberi kerja.
e. Melakukan verifikasi tagihan kepada perusahaan
(Payor) yang memiliki kewajiban untuk membayar tagihan kepada mitranya.
f. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
g. Kegunaan lain yang diizinkan oleh Penerima
Pembiayaan.
Penyelenggara
akan berupaya dengan semaksimal mungkin untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi
Penerima Pembiayaan berdasarkan kebijakan Penyelenggara baik dengan menggunakan
perangkat keras dan perangkat lunak yang telah teruji keamanannya.
Semua Data
Pribadi Pengguna akan disimpan dengan aman di server yang berlokasi di
Indonesia. Penyelenggara bekerjasama dengan perusahaan penyediaan layanan cloud
server yaitu PT Blue Power Technology sebagai Data Center dan Data Recovery Center yang keduanya berada di zona terpisah.
Perlindungan
serta penyimpanan Data Pribadi Pengguna berlaku efektif sejak tanggal
pendaftaran pada Sistem Elektronik Penyelenggara.
Penyelenggara
berhak menyimpan Data Pribadi Pengguna di dalam sistem elektronik yang dimiliki
atau ditunjuk oleh Penyelenggara selama
5 (lima) tahun sejak penutupan Akun. Ketentuan ini akan tetap berlaku walaupun
Akad yang timbul dari penggunaan aplikasi Penyelenggara telah berakhir atau
diakhiri.
Pengguna
dapat meminta kepada Penyelenggara untuk memusnahkan Data Pribadinya setelah
lewat jangka waktu penyimpanan.
6. Tanggung Jawab dan Hak Penyelenggara
Penyelenggara bertanggung jawab untuk mempertemukan atau menghubungkan Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan. Setiap permohonan pembiayaan yang diajukan oleh Penerima Pembiayaan akan diverifikasi dan dianalisa oleh Penyelenggara secara hati-hati, selektif, dan memperhatikan kelayakan pembiayaannya.
Penyelenggara menyediakan
Layanan Pengaduan bagi Pengguna untuk menyampaikan aduannya terkait layanan
yang diberikan oleh Penyelenggara.
Penyelenggara berhak menggunakan, mengumpulkan, mengolah data, dan informasi pribadi Pengguna dengan persetujuan Pengguna untuk kepentingan layanan yang digunakan dalam platform ini sepanjang tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Penyelenggara membutuhkan waktu paling lambat 2 hari kerja untuk memverifikasi dan menganalisa data permohonan pembiayaan dari Pengguna.
7. Tanggung Jawab dan Hak Pengguna
Pengguna bertanggung jawab atas segala data dan informasi yang diberikan. Pengguna juga wajib menandatangani dan menyerahkan kembali dokumen akad/perjanjian secara elektronik melalui sistem yang sudah disiapkan oleh Penyelenggara. Pengembalian dokumen akad/perjanjian harus dilakukan paling lambat 1x24 jam. Apabila Pengguna tidak mengembalikan dokumen akad/perjanjian, maka pengajuan pembiayaan tersebut akan dibatalkan.
Pengguna berhak
menggunakan layanan di dalam platform ini untuk tujuan sebagaimana yang diatur
dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna berhak untuk memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya terkait
layanan di dalam platform ini. Pengguna juga berhak mengajukan pengaduan
atau keberatan kepada Penyelenggara sesuai mekanisme yang
ditetapkan.
8. Tanda Tangan Elektronik Untuk Akad/Perjanjian
Akad/perjanjian antara Pengguna dengan Penyelenggara ditandatangani secara elektronik yang memiliki kekuatan hukum, baik hak maupun kewajiban yang timbul atas akad/perjanjian tersebut. Duha Syariah bekerja sama dengan penyelenggara tanda tangan elektronik yang tersertifikasi dan diakui oleh otoritas keuangan. Penyelenggara tanda tangan elektronik menyediakan akun bagi Pengguna untuk menandatangani dokumen akad/perjanjian secara elektronik.
9. Kebijakan Privasi Pengguna
Penyelenggara berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data Pengguna. Penyelenggara tidak akan menggunakan atau mengumpulkan data dan informasi Pengguna tanpa persetujuan Pengguna. Penyelenggara juga tidak akan menjual atau mengalihkan data dan informasi Pengguna kepada pihak lain tanpa persetujuan Pengguna.
10. Persetujuan Pembiayaan
Persetujuan terhadap pengajuan pembiayaan yang diajukan oleh Calon Penerima Pembiayaan akan memperhatikan hasil verifikasi, kelengkapan dokumen, dan analisa terhadap aspek capacity.
11. Layanan Pengaduan Pengguna
Layanan Pengaduan
disediakan bagi Pengguna Duha Syariah untuk mengajukan keluhan/keberatan/ketidakpuasan, dan memberikan
saran/kritik. Pengaduan dapat disampaikan dengan
menghubungi Customer Service melalui telepon nomor 021-29333456 atau email ke
cs@duhasyariah.com. Kami berkomitmen
untuk selalu mengupayakan penyelesaian pengaduan secara adil.
12. Barang dan Jasa
Apabila Penerima Pembiayaan menerima barang/jasa yang tidak sesuai dengan pesanannya, mohon menghubungi kami melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-50420085.
13. Jaminan Keabsahan Data dan Informasi Pengguna
Pengguna menjamin kebenaran dan keabsahan data dan informasi yang diberikan melalui platform. Data dan informasi yang diberikan adalah benar, asli, sah, akurat, terkini, lengkap, tidak menyesatkan, tidak dimanipulasi, dan tidak mengandung unsur penipuan. Pengguna bersedia bertanggung jawab secara hukum apabila didapati melakukan penipuan terhadap data dan informasi yang diberikan.
14. Perpajakan
Penyelenggara adalah lembaga
keuangan yang tunduk pada ketentuan Perpajakan yang berlaku sehingga Pengguna
memahami dan menyetujui bahwa Penyelenggara dapat melaporkan data pribadi
Pengguna sesuai ketentuan Perpajakan jika diperlukan. Pengguna mengetahui dan
mengerti bahwa manfaat yang diterima dalam layanan ini berpotensi terkena
pajak, untuk itu Pengguna dengan kesadarannya akan membayar pajak dan
melaporkannya secara mandiri.
15. Pernyataan
Penyelenggara
Penyelenggara tidak
menjanjikan dan menjamin mengenai suatu hasil
apapun yang diperoleh melalui layanan penggunaan platform ini. Penyelenggara juga tidak menghimpun dan mengelola dana masyarakat. Segala keputusan yang
diambil oleh Pengguna dalam menggunakan layanan dalam platform ini adalah keputusan dan tanggung jawab Pengguna
sendiri. Penyelenggara tunduk dan
patuh terhadap ketentuan dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan serta peraturan lain yang terkait.
16. Pembaharuan
Data dan Informasi Pengguna
Penyelenggara akan meminta
Pengguna untuk melakukan pengkinian data dan informasi Pengguna setiap setahun
sekali. Pengkinian data dan informasi Pengguna antara lain data penghasilan dan
alamat tempat tinggal.
17. Ganti Rugi
Pengguna membebaskan
Penyelenggara dari segala tuntutan atau kerugian yang disebabkan oleh
pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lain yang
ditetapkan oleh Penyelenggara. Penyelenggara wajib bertanggung jawab atas kerugian Pengguna yang timbul
akibat kesalahan dan/atau kelalaian Penyelenggara.
18. Pelanggaran
Segala bentuk penggunaan
platfom dan layanan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini
maka dinyatakan tidak sah dan merupakan pelanggaran sehingga Penyelenggara berhak
untuk tidak menyediakan layanan atau memberhentikan layanan dalam platform ini. Pengguna
juga tidak dapat memanfaatkan platform maupun layanan
untuk keperluan-keperluan yang bertentangan dengan hukum.
Pengguna juga menyatakan dan menjamin
tidak akan melakukan segala cara tanpa seijin Penyelenggara yang berpotensi
dan/atau dapat merusak platform dan merugikan Penyelenggara.
19. Hukum yang
Berlaku
Syarat dan Ketentuan ini serta ketentuan lain yang ditetapkan oleh Penyelenggara, diatur dan dibuat sesuai dengan hukum
Republik Indonesia. Pengguna sepakat
bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dikemudian hari terkait dengan penggunaan
layanan dalam platform ini maka akan diselesaikan secara eksklusif
dalam yurisdiksi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Republik Indonesia.
20.
Perubahan Syarat dan Ketentuan
Penyelenggara berhak untuk
merubah Syarat dan Ketentuan serta memperbahurui konten dalam aplikasi dan situs atas dasar kebijakannya sendiri.
Penyelenggara akan memberitahu
melalui platform ini jika terdapat perubahan Syarat dan Ketentuan. Penyelanggara mewajibkan Pengguna
untuk membaca dan
memahami setiap perubahan tersebut. Pengguna yang tetap menggunakan platform ini, maka dianggap telah mengetahui dan
menyetujui perubahan tersebut.
21. Hubungi
kami
Komunikasi antara Penyelenggara dengan Pengguna dapat
dilakukan melalui email cs@duhasyariah.com dan/atau telepon ke 021-50420085.